Thursday, September 9, 2010

Lika Liku Puasa di Kosan

Akhirnya puasa selama satu bulan penuh selesai juga, emang kadang kadang banyak juga godaan yang bikin kita harus ekstra keras mengadapinya mulai dari banyaknya yang jualan makanan di jalan jalan, hal hal yang bikin kita gampang marah bahkan ada juga temen kita yang batal puasa trus makan enak (wah... jd ngiler). Emang semua itu harus kita hindari agar puasa kita bisa lancar.

Karena itung itung gue anak kosan, gue mau bagi pengalaman dikit nih tentang puasa tanpa didampingi orang tua alias puasa dengan kesadaran sendiri. Emang biarpun namanya puasa wajib tapi tetep aja masih banyak godaan di sekitar kita ya misalnya aja kita lagi capek capek trus ngobrol ama temen temen nah kebetulan temen kita non islam trus dia minum deh dengan nikmatnya (glek..glek..glek..) otomatis kita ngeliat kan dan secara ga langsung timbul hasrat pengen minum juga (padahal tau lagi puasa) nah kalo kita ga kuat udah pasti kita ikutan minum dong dan...... BATAL deh puasa hahaa...

Kadang kita berpikir gini "untung iman gue kuat". Kebanyakan orang pasti berpikir gitu kalo semisal ada temen kita yang kelakuannya kaya di atas. Memang banyak juga yang ga kegoda tapi ada beberapa juga yang tergoda dengan gampangnya (mungkin karena udah ga ada yang ngawasi kali ya??), ya sekedar saran aja lebih sabar menahan hawa nafsu ajalah kalo gitu. hhe (standard banget yaa).

Nah ini ada hal yang paling sering kita lakuin kalo bulan puasa nih. TARAWIH. udah pasti lah bulan ramadhan identik dengan sholat tarawih, tapi ini godaan yang paling berat buat anak kosan setelah NGAJI (kalo kata gue sih) soalnya gue ngalamin sendiri nih. Biasanya habis buka trus makan trus kenyang trus ngobrol dulu eh ga terasa udah jam 9 aja nah ga tarawih deh. hha...

Biasanya kita berlomba lomba untuk berbuat kebaikan di bulan suci tapi lagi lagi karena anak kos dan gampang terpengaruh banyak temen yah akhirnya ngikut ngikut ga tarawih deh. Padahal ada juga temen yang udah ngajak tarawihan tapi biasanya bokong udah sulit gerak kalo udah kenyang ya akhirnya cuma bilang DULUAN DEH atau yang paling ngetren di perkuliahan TITIP ABSEN DEH. Hha mana ada titip absen kalo sholat.

Tapi di samping banyaknya godaan ada juga enaknya guys, terutama ngehemat duit jajan lo semua. Puasa kan resminya cuma makan sahur ama buka nah kalo buat lo yang pengen hemat sih gampang gampang aja lo tinggal buka di masjid aja tiap hari biasanya sih masjid masjid deket kosan ngasih makanan berat, ga cuma takjil doang lho. Tuh lumayan banget kan (ga cuma lumayan sih) bahkan udah lebih dari cukup guys. Ya palingan duit lo cuma habis buat sahur doang dan itu pun ga seberapa kan.

Dan habisnya duit di bulan puasa bisa juga lho, biasanya sih gara gara banyak buka bersama (buber) yang bayar sendiri sendiri gitu. kalo cuma makan sih ga terlalu tapi biasanya anak anak suka ngajakin futsal, karaokean atau lainnya yang menguras kocek kita. Tapi mau ga mau sih, sebenernya kalo ga mau pun ga papa tapi kita tentunya kan ga enak ama anak anak yang laen. kapan lagi kita ketemuan kan cuma setahun sekali. ya semacam semacam itu lah.

ya kayanya itu doang sih pengalaman gue selama puasa ramadhan di kosan alias dengan kesadaran sendiri, kalo bisa ambil baiknya buang buruknya (sok sok nasehatin ya, hha) soalnya gue cuma mau bagi bagi pengalaman ama elo elo semua yang belum pernah puasa sendiri. Buat temen temen gue yang ngerasa ada dalam tulisan gue ini ya sory sory sory jack, hha lagian kan ga ada namanya, ok kan.

Terakhir deh. nasehat dari gue Do Your Best!!!

No comments:

Post a Comment