Wednesday, October 27, 2010

Merapi 2010

Selasa, 26 Oktober 2010 Indonesia berduka, setelah tsunami yang melanda di kepulauan mentawai kini giliran Pulau Jawa yang harus dilanda bencana alam. Sekitar pukul 17.02 WIB Gunung Merapi yang berada di kabupaten Magelang menepati janjinya, meletus kurang lebih 3 kali mengeluarkan debu asap vulkanik atau wedhus gembel dengan ketinggian 1,5 kM setelah sebelumnya terjadi gempa lebih dari 80 kali.
Debu vulkanik ini sangatlah berbahaya karena debu ini mempunyai suhu sekitar 600 - 700 'C oleh karena itu debu ini bisa membakar kulit manusia, apalagi sampai terhirup, akan menimbulkan gangguan pernafasan, biasanya orang tersebut akan berasa seperti orang yang terkena asma. Oleh karena itu dihimbau agar memakai masker untuk mengurangi dan menghindari hal hal yang tidak diinginkan.
Kali ini debu vulkanik bergerak ke segala arah bahkan sampai daerah sekitar Kebumen debu vulkanik masih sangat pekat. Debu vulkanik ini Juga bergerak ke arah selatan yaitu ke Daerah Istimewa Yogyakarta.
Daerah yang paling ramai yaitu di Jalan Kaliurang, bahkan debunya sampai ke km 20 masih sangat pekat. Tidak hanya itu, daerah km 8 pun tercium bau belerang yang sangat pekat pula (untung tinggal di sekitar km 5, moga aja ga kena..)

buat temen temen yang kuliah di UII hati hati yaa.. atau yang tinggal di daerah daerah atas, disarankan pakai masker yaa...
 

1 comment:

  1. jogja jadi kayak kota di film horor aja,, penuh abu...

    ReplyDelete